Senin, 28 Mei 2012

CARA MENGHILANGKAN STRES

1. Jaga Pola Makan

Banyak yang berpendapat kalau lagi Depresi atau stres mending makan saja daripada mikirin stres. Menurut saya hal tersebut salah, malah dengan makan banyak, berat tubuh kita bertambah dan ujung-ujungnya malah kita tambah stress. Selain itu, makanlah makanan yang menyehatkan, seperti sayur-sayuran dan makan buah-buahan.

2. Tidur Yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat kita tambah depresi. Usahakan tidur 6 – 8 jam setiap malam. Dengan tidur yang cukup, maka tubuh juga akan sehat.

3. Lakukan Yoga (meditasi)

Lakukan yoga selama 5 menit dalam sehari. Dengan melakukan yoga secara rutin dapat mengurangi stres. Selain itu, yoga atau bermeditasi dapat membuat tidur lebih nyeyak dan nyaman, sehingga stres akan berkurang.

4. Cari Suasan Yang Nyaman

Jika stres menyerang Anda, coba deh cari suasana yang nyaman buat Anda. Misalnya Anda lagi stres diruangan kerja Anda, coba Anda keluar ruangan dan pergi ke taman untuk melihat pemandangan.

5. Olahraga secara rutin

Dengan melakukan olahraga, tubuh kita menjadi sehat. Menurut penelitian, dengan melakukan olahraga, otak kita mengeluarkan endorphin. Endorphin merupakan bahan kimia yang membuat tubuh kita jauh lebih sehat.

6. Banyak Minum Air Putih

Menurut penelitian, kalau kita jarang minum air (dehidrasi) dapat menyebabkan depresi. Jadi minum air putih yang banyak yah. Info sehat mengenai manfaat air putih, silahkan baca manfaat air putih bagi kesehatan.

7. Berjemur di Pagi Hari

Menurut penelitian sinar matahari di waktu pagi dapat menghindari diri dari depresi. Coba deh Anda lakukan berjemur dipagi hari selama 20 menit.

8. Selalu Tersenyum

Dengan selalu membiasakan diri kita tersenyum, maka suasana hati juga akan ceria. Hadapi setiap masalah dengan senyum, dengan pikiran jernih, maka masalah akan dapat diselesaikan dengan baik.

9. Menarik Nafas

Bila Anda stres, coba tarik nafas dan buang secara perlahan. Lakukan hal tersebut beberapa kali. Latihlah pernapasan Anda, lakukan beberapa menit dalam sehari.

10. Refreshing

Diwaktu libur, Anda bisa luangkan waktu untuk diri Anda. Misalnya pergi nonton film komedi, pergi mancing atau mendatangi sahabat-sahabat untuk saling berbagi (curhat). Pokoknya lakukan hal-hal yang dapat membuat Anda senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar