Sabtu, 05 Mei 2012

APA MALARIA ITU?

Malaria merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk malaria. Dalam Nyamuk tersebut terkandung parasit disebut plasmodium yang menginfeksi  dan kemudian menyerang sel darah merah.
Malaria disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Dalam tubuh manusia, parasit berkembang biak dalam hati, dan kemudian menginfeksi sel darah merah. Sampai saat ini ada empat jenis plasmodium yang mampu menginfeksi manusia yaitu plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium ovale dan plasmodium falciparum. Plasmodium falciparum merupakan yang paling berbahaya dan dapat mengancam nyawa.
Malaria merupakan masalah serius terutama di Afrika, di mana satu dari setiap lima (20%) kematian anak disebabkan oleh efek dari penyakit. Seorang anak Afrika memiliki rata-rata antara 1,6 dan 5,4 episode demam malaria setiap tahun. Dan setiap 30 detik seorang anak meninggal akibat malaria.
Gejala yang terlihat pada orang terserang penyakit  malaria diantaranya adalah  termasuk demam, sakit kepala, dan muntah-muntah. Gejala ini biasanya muncul antara 10 dan 15 hari setelah gigitan nyamuk. Jika tidak diobati, malaria dapat dengan cepat mengancam jiwa dengan menggangu aliran  darah ke organ vital.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengobati penyakit malaria. Beberapa hal tersebuat antara lain kondisi klinis penderita, letak geografis dan jenis plasmodium yang menginfeksi.
Malaria ringan dapat diberikan obat oral. Sedangkan malaria berat yang mempunyai gejala klinis perdarahan harus di observasi di rumah sakit dengan pengobatan intra vena.
Upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya penyakit malaria ini sangat sederhana. Yaitu dengan menghindari gigitan nyamuk, yang bisa kita lakukan dengan cara menggunakan obat nyamuk, tidur dengan berselimut atau di bawa kelambu dan lain sebagainya.
sumber : http://www.syafir.com/2012/01/17/penyebab-gejala-pencegahan-dan-cara-mengobati-mengatasipenyakit-malaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar